× Home Cara Order Harga Spesifikasi News Hubungi
SMS/wa: 0853-7000-0959 - BBM / LINE: PROKAOS Sablon Kaos Murah Berkualitas Cepat Online Terpercaya
sms/telp/WA
0853-7000-0959
BBM / LINE
PROKAOS

Cara Mudah Membuat Kaos Sablon Sendiri

Sablon merupakan salah satu teknik mencetak gambar atau desain apapun pada kaos dengan peralatan-peralatan tertentu. Menyablon kaos dapat dilakukan sendiri dirumah jika sudah mengetahui langkah-langkah dan peralatan apa saja yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan dalam proses menyablon kaos antara lain screen,rakel, dan cat sablon. Cara ini merupakan salah satu teknik yang cukup tradisional karena saat ini banyak sekali peralatan-peralatan canggih yang sering dikenal dengan istilah teknik printing.  Teknik printing merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mencetak gambar ke kaos yang akan disablon dengan lebih cepat,karena menggunakan peralatan-peralatan yang modern. Teknik seperti ini sering sekali digunakan para pengusaha kaos distro karena hasil yang dihasilkan akan lebih maksimal dan juga membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat. Walaupun sudah banyak peralatan- peralatan canggih yang dapat digunakan untuk menyablon kaos, teknik ini pun juga masih banyak peminatnya. Khususnya bagi para pengusaha sablon kaos baru yang tidak telalu memiliki modal untu membeli peralatan canggih. Untuk membeli peralatan dengan teknik perinting memang memerlukan modal yang cukup besar,berbeda dengan teknik manual yang hanya menggunakan peralatan tradisional, biaya yang dikeluarkan relatif lebih sedikit. Oleh karena itu teknik ini dapat anda gunakan sebagai cara alternatif untuk dapat menyablon kaos dengan modal sedikit.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam teknik sablon secara tradisional.

Persiapan alat dan bahan

  1. Menyiapkan kaos

Langkah pertama yang dapat anda lakukan sebelum menyablon kaos adalah menyiapkan kaos yang akan disablon.  Agar nanti hasil dari sablonannya lebih maksimal,usahakan kaos yang digunakan adalah kaos polos.

  1. Memnyiapkan papan tripleks

Langkah kedua dari proses menyablon kaos dengan teknik tradisional  adalah menyiapkan papan tipleks. Usahakan papan tripleks yang digunakan sesuwai dengan ukuran kaos yang akan dibuat.

  1. Menyiapkan screen

Langkah ketiga adalah menyiapkan screen dengan desain atau gambar yang akan disablon, yang telah di afdruk pada screen tersebut.

  1. Menyiapkan rakel

Langkah keempat adalah menyedikakan rakel atau alat yang digunakan untuk meratakan cat sablon.

  1. Menyedikan cat sablon

Langkah terakhir dalam mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan adalah menyiapkan cat sablon dengan warna sesuwai dengan warna desain yang akan anda pilih.

Langkah-langkah saat penyablonan

- Langkah pertama adalah masukkan papan tripleks ke dalam kaos secara rata dan juga rapi.  Hal tersebut perlu dilakukan agar permukaan kaos yang akan disablon terlihat lebih rata.

-langkah kedua adalah mengatur posisi screen di atas kaos polos yang telah disediakan. Usahakan posisi kaos yang akan disablon posisinya tepat,lurus dan juga seimbang.

-langkah ketiga adalah menambahkan cat sablon di atas permukaan screen.

-langkah ke empat adalah meratakan cat sablon tersebut dengan rakel. Rakel digerakkan secara vertikal dari bawah ke atas sampai cat sablon tersebut rata.

-langkah kelima adalah keringkan kaos yang telah disablon tersebut dengan bantuan sinar matahari.

-langkah ke enam mencuci screen bekas menyablon dengan segera,agar sisa cat tersebut tidak kering dan menempel pada screen.

-langkah ketuju atau terakhir adalah menunggu cat sablon tersebut sampai kering. Dan jadilah kaos sablon buatan anda sendiri.

Proses telah selesai dan anda sudah bisa mempraktekkannya sendiri jika ingin membuka bisnis sablon kaos dengan cara tradisional denagn  modal yang tidak terlalu tinggi. Caranpun simple sekali dan juga mudah dipelajari.

Buka tiap hari 08:00 - 22:00 WIB
SMS / WA : 0853-7000-0959
BBM / LINE: PROKAOS
Email: prokaosjogja@gmail.com
Sentolo Kidul RT 21 RW 11, sentolo, sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta